Cara Membuat Header & Footer di MS Word

Pada dasarnya penggunaan header dan footer digunakan untuk menyisipkan informasi seperti label, tanggal, kop surat dan nomor halaman serta nama pengarang.

Teks yang ada pada header dan footer akan muncul di setiap dokumen.

Header dan footer juga memiliki kegunaan agar memudahkan si pembaca lebih terorganisir yang bertujuan mendapat hasil yang memuaskan.

cara membuat header dan footer di word

Cara Membuat Header dan Footer

Sebagai contoh jika anda ingin menampilkan nama penulis di bagian atas setiap halaman, maka anda akan menempatkannya di header.

Double klik di mana saja pada margin atas atau bawah dokumen anda. Anda juga bisa menggunakan menu insert di word.

cara membuat header and footer di word

Maka header atau footer akan terbuka, dan tab Desain akan muncul di bagian sisi kanan Ribbon. Titik penyisipan juga akan muncul di header atau footer.

gunakan opsi header and footer di word

Selanjutnya ketik informasi yang diinginkan ke dalam header atau footer. Misalnya anda ketik nama penulis dan tanggal.

Baca juga:  Cara Membuat dan Menambah Stiker Whatsapp Sendiri di Android
mengisi header pada word
mengisi header pada word

Setelah selesai, klik bagian Close Header and Footer. Anda pun bisa menekan tombol Esc.

edit header pada word
edit header pada word

Header atau footer teks selanjutnya akan muncul.

Jika anda ingin mengedit header dan footer juga bisa dengan mudah dilakukan. Caranya, setelah anda menutup header atau footer biasanya masih terlihat namun akan terkunci.

Silahkan double klik header atau footer untuk membuka kunci, yang memungkinkan anda untuk mengeditnya.

Pada saat header dan footer dokumen anda akan dibuka, tab Desain pun akan muncul di sisi kanan Ribbon. Disini tersedia berbagai pilihan pengeditan.

Salah satunya jika anda ingin menyembunyikan header dan footer halaman pada halaman pertama. Di beberapa dokumen anda mungkin tidak ingin jika halaman pertama menampilkan header dan footer.

Misalnya jika anda mempunyai halaman sampul dan mau memulai penomoran halaman pada halaman kedua.

Apabila anda ingin menyembunyikan header dan footer halaman pertama maka cukup centang kotak di samping Different First Page.

Fungsi penggunaan header dan footer di word

Header dan footer di Ms. Word berada pada bagian menu bar Ms. Word. Tepatnya ada di Sub-Menu dengan judul Insert. Ada terdapat pilihan header, footer yang bisa anda gunakan.  Dibawah ini akan dijelaskan apa saja fungsi dari header atau footer.

Baca juga:  Cara Membuat Penomoran Berbeda di Word

Header merupakan satu cara untuk membuat dan menampilkan judul atau teks tertentu di bagian paling atas halaman, dimana teks ini akan selalu tampil di setiap halaman pada dokumen Ms. Word tersebut.

Footer yakni kebalikan dari header tersebut dengan memiliki fungsi yang sama-sama menampilkan teks di setiap halaman. Bedanya untuk  footer menampilkan teks pada  bagian bawah pada tiap-tiap halaman.

Untuk menu footer memungkinkan anda untuk menambahkan nomor pada halaman di bagian bawah, tergantung jenis tooter yang dipilih atau digunakan pada waktu itu. Jadi dari setiap halaman pada dokumen Ms. Word tersebut  memiliki nomor pada setiap halaman. Baik itu header ataupun footer memiliki gaya teksnya masing-masing tergantung anda mau yang mana dan disesuaikan dengan keinginan anda sebagai pembuat dokumen. 

Jadi itulah cara sederhana membuat header dan footer serta fungsi penggunaan header dan footer yang bisa anda terapkan untuk membuat suatu dokumen dengan baik dan benar.

Anda bisa mencoba cara membuat header dan footer di word sesuai dengan cara yg diatas. Cepat dan tepat serta hasilnya membuat tampilan dokumen anda lebih rapi enak jika dipandang.

Baca juga:  13 Game Petualangan Android Terbaik